== Ads ==

Apa itu E-Money? Pejelasan Singkat Mengenai E-Money

== Ads ==
Penjelasan Tentang e-Money, Fungsi & Manfaat e-money - Mungkin anda pernah melihat atau mendengar kartu e-money dari bank BRI yaitu Brizzi, Bank BCA dengan nama Flazz, dan bank BNI Tapcash, serta Bank Mandiri yang memiliki banyak produk e-money seperti e-Toll, Indomaret card, Gaz card dan gelang e-money. Lalu apa itu e-money? secara umum e-money disebut juga uang elektronik atau uang digital, e-money adalah uang elektronik yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran non tunai untuk transaksi pembayaran di merchant yang telah bekerja sama dengan penerbit e-money.

Penjelasan Tentang e-Money, Fungsi & Manfaat e-money

E-money adalah uang masa depan, penggunaanya sangat mudah, praktis dan aman karena tidak memagang uang tunai. Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (stored-value) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. E-money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multi purpose).

Bentuk fisik E-money sekarang pada umumnya berwujud kartu, kombinasi kartu dan aplikasi mobile, dan sekarang ada lagi yang baru berbentuk gelang agar lebih gaya bagi kalangan remaja, Gelang e-money tersebut memiliki fitur dan fungsi yang sama dengan kartu e-money.

Transaski menggunakan gelang e-money sama dengan transaksi menggunakan kartu e-money. Pengguna cukup mendekatkan gelang ke reader pintu halte busway, tol, parkir, maupun merchant ritel penyedia mesin EDC untuk pembayaran belanja'an.

E-money dapat di isi kembali (top up) melalui ATM, ibanking, ataupun mobile banking maupun transfer dari bank lain. Setiap kepemilikan kartu e-money tidak harus menjadi nasabah bank penerbit e-money card tersebut. Jadi bebas tidak terikat oleh bank penerbit kartu e-money.

E-Money banyak jenis dan fungsinya tergantung dari fitur yang di tersedia di dalamya, sebagai contoh e-money terbitan dari Bank Mandri e-mOney dapat digunakan untuk transaksi :
- tol (Jabodetabek, Medan, Palikanci, Semarang dan Surabaya) dengan nama e-toll card
- parkir (ISS Parking)
- bus (Trans Solo dan Trans Jogja)
- BBM (SPBU Pertamina)
- belanja di toko retail (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo dan toko retail lainnya yang akan dikembangkan di kemudian hari)
- restoran (Solaria, Excelso, Es Teler 77)

E-money tidak ada masa kadaluarsanya, sehingga saldo didalamya tetap dapat di gunakan sampai kapanpun, tidak memiliki expired date dan dapat digunakan sampai saldo habis (saldo Rp 0,-).namun e-money Saldo yang terdapat pada e-mOney tidak masuk dalam program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Kartu e-money dapat di beli pada bank penerbit emoney, namun sekarang e-money sudah bebas di pasarkan di berbagai mini market seperti alfamart, indomart, alfamidi dll, dengan harga bervariasai mulai dari Rp20 ribu, Rp25 ribu. Ketika kartu e-money dibli masih kosong maka anda wajib pengisian perdana.

Lau apakah ada biaya isi ulang kartu e-money, sebelumnya biaya topup e-money bervariasi sehingga membuat nasabah pemegang e-money jadi bingung dan enggan untuk mengisi di sembarang tempat khawatir biaya isi ulang lebih mahal.

Nah pada bulan september 2017 pemerintah indonesia mengumumkan aturan baru yaitu jika mengisi ulang di bawah Rp200.000; melalui Kanal pembayaran milik penerbit kartu e-money tidak dikenakan biaya. Namun jika mengisinya diatas Rp200 ribu akan di kenakan biaya Rp750;

Untuk top off us atau pengisian ulang yang dilakukan melalui kanal pembayaran milik penerbit kartu yang berbeda ataupun mitra, dapat dikenakan biaya maksimal sebesar Rp 1.500.

Baca Juga: Apa Itu Kartu Brizzi? Kartu Brizzi Adalah...
Itulah penjelasan singkat mengenai kartu e-money, fungsi dan manfaat e-monay. Untuk penjelasan secara detail menurut jenis dan namanya akan kami ulas satu per satu di halaman berikutnya. Tetaplah bersama kami untuk mendapatkan informasi lengkap tetang e-money.

Pencarian anda terkait apa itu e money mandiri, apa itu tcash layanan e-money, apa itu e money, apa itu deposit e money bri, apakah e money bisa diuangkan, apakah e money bisa untuk krl, apakah e money bisa tarik tunai, apa itu gelang e money, apa pengertian e-money, arti e-money, definisi e-money menurut para ahli, jelaskan pengertian e money, pengertian dan contoh e-money, pengertian dan fungsi e money, pengertian dan manfaat e-money, pengertian e money adalah, pengertian e-money dan contohnya, pengertian e-money dan debit card, macam-macam e-money, pengertian e-money menurut bank indonesia, pengertian uang elektronik (e-money), penjelasan e-money, penjelasan tentang e-money, jelaskan pengertian uang elektronik, pengertian dan jenis uang elektronik, pengertian sistem uang elektronik, pengertian uang elektronik, pengertian uang elektronik dan contohnya, pengertian uang elektronik dan dompet digital.
== Ads ==
== Ads ==
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di situ e-mOney atau isikan email anda di sini:

Hanya seorang mantan tukang dagang keliling panas kepanasan, hujan kehujanan, yang kini beralih didepan laptop untuk masa depan yang lebih baik. Tanks for your visit

No comments:

== Ads ==

Blog Archive

Featured Post

Baca Sini..!! Rest Area Layanan Top Up Brizzi Lebaran 2022

Informasi Layanan Top Up (Isi Ulang) Kartu Brizzi rest Area Toll Lintas Jawa -  Demi kenyamanan saat mudik lebaran dan juga saat balik lagi,...